Ringkasan OOP - Java

Ringkasan OOP - Java - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ringkasan OOP - Java, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Java, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Ringkasan OOP - Java

Pengantar
Pemrograman Berorientasi Objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP)  merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek, jadi semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.pemrograman berorientasi objek setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Apa itu OOP?
Paradigma pemrograman yang memandang sistem yang akan dibangun berdasarkan objek objek yang terlibat dan interaksinya dalam sistem.
Sistem dibangun dengan membuat objek objek dan menginteraksikannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut sebagai Object
Program adalah serangkaian object yang berinteraksi untuk menyelesaikan suatu problem.

·   Pemrograman Berorientasi Objek
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program.
Ilustrasinya adalah
Objek mobil mempunyai atribut tipe transmisi, warna dan manufaktur, mobil juga mempunyai tingkah laku berbelok, mengerem dan berakselerasi.
Cara yang sama pula kita dapat mendefinisikan perbedaan sifat dan tingkah laku dari singa.
Pada perangkat lunak, menggunakan atribut sebagai data dan tingkah laku sebagai method.


·  Class

Kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing.
Class adalah suatu struktur dalam program yang berisi satu atau beberapa metode (dapat berupa fungsi dan/atau prosedur) dan atribut (dapat berupa data ataupun variabel yang akan dioperasikan dalam metode).
Dengan demikian atribut merupakan anggota kelas yang bersifat statis, sedangkan metode merupakan anggota kelas yang bersifat dinamis.

·         Object
Setiap obyek dibangun dari sekumpuladata (atribut) yang disebut variabel untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek, dan juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku dari obyek.
Bisa dikatakan bahwa obyek adalah sebuah perangkat lunak yang berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan.
Sebuah obyek adalah sebuah instance (keturunan) dari class.

·         Perbedaan class dengan object
Misal, kita memiliki sebuah class mobil dimana dapat digunakan untuk medefinisikan beberapa obyek mobil. Pada tabel dibawah, mobil A dan mobil B adalah obyek dari class mobil. Class memiliki field nomor, plat, warna, manufaktur dan kecepatan yang diisi dengan nilai pada obyek mobil A dan mobil B. Mobil juga dapat berakselerasi, berbelok dan melakukan rem.

Ketika diinisialisi, setiap obyek mendapat satu set variabel yang baru. Bagaimanapun, implementasi dari method dibagi diantara objek pada class yang sama. Class menyediakan keuntungan dari reusability. Programmer perangkat lunak dapat menggunakan sebuah kelas beberapa kali untuk membuat banyak objek.
Analogi lain:
Class = cetakan kue
Object = kue-nya

·         Konsep Pemrograman Berorientasi Object dalam Java
-          Class
-          Object
-          Atribut
-          Method
-          Constructor
-          Package
-          Enkapsulasi (Encapsulation)
-          Abstraksi
-          Pewarisan (Inheritance)
-          Polimorfisme (Polymorpishm)
-          Interface
-          Keywords (this, super, final dan static)
-          Method overloading dan Method overriding

·         Pengertian masing-masing konsep OOP
1. Class adalah Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh deklarasi :
Class SuperHero {
String superPowers[];
void setSuperPowers(String superPowers[]) {
this.superPowers = superPowers; }
void printSuperPowers() {
for (int i = 0; i < superPowers.length; i++) {
System.out.println(superPowers[i]);
} }

2. Object merupakan bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod dapat direalisasikan.
Contoh deklarasi:
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();

3. Atribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object di dalam class. Attribute mempunyai karakterisitik yang membedakan object yang satu dengan object yang lainya.
Contoh deklarasi :
public class AttributeDemo {
private String studNum;
public boolean graduating = false;
protected float unitsTaken = 0.0f;
 String college; }

4.  Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh deklarasi :
class MethodDemo {
int data;
int getData() {
return data;
}
void setData(int data) {
this.data = data; }
void setMaxData(int data1, int data2) {
data = (data1>data2)? data1 : data2;
} }

5. Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
Contoh deklarasi :
class ConstructorDemo {
private int data;
public ConstructorDemo() {
data = 100;
} ConstructorDemo(int data) {
this.data = data;
} }

6. Package adalah koleksi dari beberapa class dan interface yang berhubungan, dan menyediakan proteksi akses dan pengelolaan namespace.
Contoh deklarasi :
package registration.reports;
import registration.processing.*;
import java.util.List;
import java.lang.*;
class MyClass {
/* rincian dari MyClass */
}

7. Enkapsulasi adalah pembungkus. Maksud dari pembungkus adalah suatu cara untuk Meyembunyikan implementasi detil dari class untuk mencegah akses yang ilegal.
Contoh deklarasi :
class Encapsulation {
private int secret; //field tersembunyi public boolean setSecret(int secret)
 { if (secret < 1 || secret > 100) { return false;
 } this.secret = secret; return true; } public getSecret() { return secret; } }

8. Abstraksi adalah kemampuan manusia untuk mengenali keserupaan antara object-object, situasi-situasi atau proses-proses yang berbeda di dunia nyata dan keputusan untuk berkonsentrasi pada keserupaan-keserupaan itu dan mengabaikan yang disebut sebagai perbedadan-perbedaan kecil yang ada.
Contoh deklarasi :
abstract class SuperHero {
String superPowers[];
void setSuperPowers(String superPowers[]) {
this.superPowers = superPowers;
} void printSuperPowers() {
for (int i = 0; i < superPowers.length; i++) {
System.out.println(superPowers[i]); } }
abstract void displayPower();
}
class UnderwaterSuperHero extends SuperHero {
void displayPower() {
System.out.println("Communicate with sea creatures...");
System.out.println("Fast swimming ability...");
} }
class FlyingSuperHero extends SuperHero {
void displayPower() {
System.out.println("Fly..."); } }

9. Inheritance atau pewarisan pada pemrograman berorientasi objek merupakan suatu hubungan dua buah kelas atau lebih. Dalam hal ini ada kelas yang memiliki atribut dan metode yang sama dengan kelas lainnya beserta atribut dan metode tambahan yang merupakan sifat khusus kelas yang menjadi turunannya.
Contoh deklarasi :
import java.awt.*; class Point { int x; int y;
 } class ColoredPoint extends Point {
 Color color; }

10. Polymorphism merupakan suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek.
Contoh :
import java.util.Random;
public class Polimorfisme{
 public static void main (String args[])
 {
 Hewan[] hewannya = {
 new Kucing ("Kiti", "Persia "),
 new Ayam ("Jalu","Buras ")};
 Hewan pilihHewan ;
 Random pilih = new Random ();
 for (int i=0;i<2 ;i++ )
{
pilihHewan=  hewannya [pilih.nextInt (hewannya.length)];
System.out.println("\nPilihan Anda:\n"+pilihHewan);  pilihHewan.bersuara(); }  } }

11. Interface adalah class yang hanya berisi deklarasi method tanpa memiliki implementasi dan semua property yang dimilikinya bersifat final. Interface mirip dengan class abstrak, tetapi interface tidak terikat dengan class hierarki. Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh.
Contoh deklarasi :
interface MyInterface {
void iMethod(); } class MyClass1 implements MyInterface {
public void iMethod() { System.out.println("Interface method.");
}
void myMethod() {
System.out.println("Another method.");
}
}
class MyClass2 implements MyInterface {
public void iMethod() {
System.out.println("Another implementation.");
}
}
class InterfaceDemo {
public static void main(String args[]) {
MyClass1 mc1 = new MyClass1();
MyClass2 mc2 = new MyClass2();
mc1.iMethod();
mc1.myMethod();
mc2.iMethod();
} }

12. Keyword
a.       This
Keyword yang digunakan untuk menyatakan objek sekarang dan tanpa instansiasi.
Contoh deklarasi :
class ThisDemo1 { int data; void method(int data) {
this.data = data;
/* this.data menunjuk ke atribut
sementara data menunjuk ke variabel lokal */ } }

b.      Super
Digunakan untuk mengakses anggota kelas diwariskan oleh kelas di mana ia muncul. Memungkinkan subclass untuk mengakses ditimpa metode dan anggota tersembunyi dari superclassnya.Kata kunci super juga digunakan untuk meneruskan panggilan dari konstruktor ke konstruktor di superclass.
Contoh deklarasi :
class Superclass{
int a;
void display_a(){
System.out.println("a = " + a);
} }
class Subclass extends Superclass {
int a; void display_a(){
System.out.println("a = " + a);
}
void set_super_a(int n){
super.a = n;
} void display_super_a(){
super.display_a();
} }
class SuperDemo {
public static void main(String args[]){
Superclass SuperObj = new Superclass();
Subclass SubObj = new Subclass();
SuperObj.a = 1; SubObj.a = 2;
SubObj.set_super_a(3);
SuperObj.display_a();
SubObj.display_a();
SubObj.display_super_a(); System.out.println(SubObj.a); } }

c.       Final
Dengan keyword ini kelas tidak dapat menurunkan kelas lain, method tidak dapat dioverride oleh method lain, membentuk suatu attribute menjadi konstanta.
Contoh deklarasi :
class Kampus {
 final void tampil() { System.out.println(“I LOVE JAVA”)
 } }

d.      Static
Dengan keyword ini method dan attribute milik kelas menjadi sifat bersama dari semua objek dalam kelas tersebut (tidak memerlukan instansiasi dan tidak bisa dioverride).
Contoh deklarasi:
class Demo {
static int a = 0;
static void staticMethod(int i) {

System.out.println(i); }
static { //blok static
System.out.println("This is a static block."); a += 1;
}
}
class StaticDemo {
public static void main(String args[]) {
System.out.println(Demo.a);
Demo.staticMethod(5);
Demo d = new Demo();
System.out.println(d.a);
d.staticMethod(0);
Demo e = new Demo();
System.out.println(e.a);
d.a += 3;
System.out.println(Demo.a+", " +d.a +", " +e.a);
} }

13. Overloading dan overriding method
a.       Overloading method
Overloading adalah method dengan nama yang sama dengan method lain pada suatu class tetapi dengan parameter yang berbeda.
Contoh deklarasi :
class Pertambahan{
public void tambah1(){
int a=5, b=10;
System.out.println("Hasil Pertambahann dari metod tambah1 ke-1 =
"+(a+b));
}
//Metod tambah1 di overloading dengan 2 parameter (int x, int y)
public void tambah1(int x, int y){
System.out.println("Hasil Pertambahann dari metod tambah1 ke-2 =
"+(x+y));
}
public static void main(String [] args){
Pertambahan pp;
pp = new Pertambahan();
pp.tambah1();//memanggil metod tambah1 ke-1
pp.tambah1(5,5);//memanggil metod tambah1 ke-2
}
}

b.      Overriding method
Overriding adalah method subclass sama dengan method super class, parameternya sama tetapi pernyataan atau implementasinya berbeda.
Contoh deklarasi :
class Nama{
public void Sapa(){
System.out.println("david andika putra");
}
public static void main(String [] args){  Siapa ss;
Nama nn;
ss = new Siapa();
nn = new Nama();
ss.Sapa();//memanggil method Sapa() pada class Siapa
nn.Sapa();//memanggil method Sapa() pada class Nama
}
}
class Siapa extends Nama{
//Method Sapa() pada class Nama di override
public void Sapa(){
System.out.println("Yesica Dwi Lestari");
}
}

Baca juga




Demikianlah Artikel Ringkasan OOP - Java

Sekianlah artikel Ringkasan OOP - Java kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Ringkasan OOP - Java
link : Ringkasan OOP - Java

0 Response to "Ringkasan OOP - Java"

Posting Komentar