Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG

Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer, Artikel Lain lain, Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG

Audio

MP3
Sebuah file MP3 mempunyai bit rates mulai dari yang rendah yaitu 32kbits/detik hingga 320kbits/detik. Format File MP3 merupakan yang paling terkenal di kalangan umum, karena ukuran filenya yang kecil tapi dengan kualitas suara yang masih terjaga dengan baik. Selain itu format file MP3 banyak didukung pemutar-pemutar musik yang banyak beredar di pasaran, sehingga tak mengherankan bila MP3 lebih dikenal.

AMR
AMR adalah audio terutama diterapkan pada perangkat mobile. Dengan tingkat kompresi relatif tinggi, itu membuat efek yang baik dalam panggilan suara. Ringtone format AMR adalah salah satu format file yang universal yang diadopsi oleh MMS ,yang tak hanya dapat digunakan untuk membuat file musik, tetapi juga menghasilkan beberapa karya audio seperti suara lucu, suara-suara binatang, dll.

WAV
WAV atau Waveform. File Audio WAV mirip dengan PCM, namun bisa terkompresi maupun tidak terkompresi. File Wav juga mirip dengan file AIFF yaitu file Audio yang digunakan komputer Mac. Format WAV banyak digunakan oleh handphone, sehingga popularitas bisa menyamai file MP3.

CDA
File dengan ekstensi CDA merupakan representasi dari track CD-Audio. File dengan format CDA ini dapat langsung dijalankan dengan melalui CD-ROM, sementara file-nya sendiri tidak mempunyai informasi kode modulasi apapun sehingga jika dicopy ke harddisk, file tersebut akan menjadi tidak dapat di-play atau dimainkan.

AAC
AAC kependekan dari Advanced Audio Coding merupakan format kompresi audio yang digunakan dalam Apple iPod, iPhone dan iTunes. Namun kini handphone keluaran terbaru pun telah banyak yang mendukung format file AAC ini.


Video

MP4
MP4 adalah format data multimedia sebagai bagian dari format MPEG-4. Pada umumnya mp4 digunakan untuk menyimpan data audio video, dan juga mampu menangani data lain seperti subtitle.
MP4 memiliki kelebihan dibandingkan dengan format lainnya, yakni memungkinkan untuk dilakukannya proses streaming di internet, sehingga pengguna dapat langsung menonton tayangan yang disimpan dalam format ini, dan tidak perlu mengunduh filenya.
MP4 menggunakan jenis file dengan ekstensi .mp4. Nama MP4 juga digunakan pada perangkat player yang dapat memutar file MP4 dan format lainnya dengan nama MP4 Player.

MPEG
Termasuk dalam format video terkompresi dan dijadikan untuk video yang disimpan pada Disk. Resolusi video yang berformat MPEG mendukung resolusi setengah layar dan satu layar, tergantung versi MPEGnya.

FLV
Ekstensi file FLV digunakan untuk menyimpan file Macromedia Flash Player. Setelah Macromedia dibeli oleh Adobe telah diubah namanya menjadi Adobe Macromedia Player. Ini adalah yang paling populer format multimedia informasi di internet. Vector dapat mentransfer gambar, video streaming, audio dan teks. Satu keuntungan besar bahwa FLV memiliki bahasa pemrograman yang terdapat didalamnya dan pengembang dapat software kode sangat maju internet menggunakan aplikasi ini.

AVI
Format ini termasuk pada format viodeo yang tidak dikompresi. Format AVI merupakan standar microsoft dan windows sebagai platformnya. Vodeo yang menggunakan format ini akan menghasilkan ukuran file yang sangat besar karena resolusi yang dipakai sesuai dengan resolusi asli sumber video. Format ini juga dipaki sebagai kualitas terbaik yang digunakan untuk menentukan hasil akhhir dari sebuah video. Namun format ini hanya dimaikan di komputer saja.

3Gp
Format video ini biasanya di hasilkan oleh handphone. Sedangkan untuk kamera digital tidak mendukung format ini dalam vitur videonya.

Gambar

RAW
Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

JPEG
JPEG adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpics images. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok yang membikin standar pengkompresian tersebut. JPEG di buat untuk loosy compression images. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe, .jfif, jif. Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 24 Bits atau setara dengan 16 juta warna. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audio.

TIF
Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

GIF
Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.

PNG
Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.

Lainnya

BMP
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini.

ASF
merupakan format yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk audio video digital. Didesain untuk streaming dan membentuk bagian framework Windows Media. ASF dapat menggunakan beraneka ragam codec. Namun dalam prakteknya yang digunakan adalah codec WMV atau WMA yang juga dari Microsoft.

OGM
OGM adalah format kontainer untuk audio, video dan subtitle. Sebagaimana AVI, format ini juga mendukung multiple audio track, bahkan dengan format yang berbeda (seperti MP3 dan WAV).

WMF
WMF adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres. WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4.

Quicktime
Quicktime adalah kontainer multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital. Masing-masing track mengandung media track, baik itu media stream yang telah di encode atau pointer-pointer pada file eksternal.

SWF
swf adalah sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2d lainya.



Baca juga




Demikianlah Artikel Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG

Sekianlah artikel Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG
link : Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG

14 Responses to "Pengertian File Mp3, AAC,WMA, WAF, PCM, FLV, AVI, MOV, 3GP, SWF, JPG, GIF dan PNG MPEG"

  1. Bisa COPAS nih??? Pas buat anak2..

    BalasHapus
  2. Silahkan gan, terserah buat siapa saja gan.. buat sekeluarga jga boleh :)

    BalasHapus
  3. blog yg bagus :D
    makasih infonya yaa

    BalasHapus
  4. Gan , mau tanya . . ? Jika ane download film mp4 resolusi 320×240 untuk ditonton di hp . . ! Terus klo mau di pindah di komputer resolusinya sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan..
      tapi kalo d komputer terlihat pecah gan. beda sama d hp.

      Hapus
  5. Thanks infonya gan :D sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  6. Terimah Kasih Gan....sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  7. makasih banyak gan, lumayan buat nambah tugas.

    BalasHapus
  8. Gan, klo eAAC+ layer itu apa ??

    BalasHapus
  9. Gan knpa video dg format flv tdk bsa di unduh di hp android ya..??

    BalasHapus
  10. kalo 3gp bagus ga resolusi vidionya

    BalasHapus