Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1

Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1 - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial Blog, Artikel Wordpress, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1

Membangun Web Server Nginx. Alasan kenapa blog WordPress memerlukan VPS adalah untuk mencapai loading blog yang cepat dan menampung beban trafik yang lebih berat daripada shared hosting. Apalagi, sekarang untuk membeli sebuah VPS tidak diperlukan biaya yang mahal. Pada tutorial ini saya akan memakai VPS DigitalOcean yang bisa dibeli hanya USD 5 dollar saja.
Hal lain yang menjadi nilai tambah DigitalOcean, mereka memberikan DNS hosting secara cuma-cuma. Selain itu harga sewa VPS dihitung per jam, bukan per bulan.
Pada tutorial ini saya akan menggunakan DigitalOcean Singapore dan beberapa software lainnya:

  • Server host: DigitalOcean Singapore
  • OS: Debian 7 32bit
  • Web Server: Nginx
  • Database: MariaDB

Alasan saya memilih OS Debian 7 adalah penggunaan sumber daya yang lebih hemat dibanding OS lainnya (kecuali Debian 6). Saya tidak akan memakai Apache sebagai webserver, tetapi disini saya menggnakan Nginx karena menurut saya lebih cepat dan lebih ringan dibanding Apache, sedanglkanMariaDB memiliki update yang lebih baik daripada MySQL.
Jangan terburu-buru memakai RAM yang besar, kecuali kamu sudah tahu seperti apa kebutuhan kamu. Di sini saya akan memakai paket terhemat dari DigitalOcean.
Berikut tutorialnya:
1. Login ke DigitalOcean
2. Create Droplet
3. Pilih Os Debian 7.9x32
4. Choose a size $5/mo

5. Pilih region (disini saya menggunakan region New York karena target saya Amerika, jika targetnya Indonesia maka pilih regionnya Singapore).


6. Isi nama Droplet terserah Anda.
7. Klik Create.

Setelah semua proses selesai, nanti kita akan diberikan alamat IP ke email DigitalOcean. Nantinya alamat IP tersebut akan menjadi alamat dari blog kamu. Buka email akun DigitalOcean Anda.
Langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain blog kamu ke alamat IP yang sudah diberikan tersebut.


Pada bagian step 2, yaitu Membangun web server nginx Step 2: Setting DNS saya akan menunjukan bagaimana cara mengarahkan domain ke alamat IP VPS. Jadi, pastikan kamu untuk mengikuti semua step by stepnya. ;)

Baca juga




Demikianlah Artikel Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1

Sekianlah artikel Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1
link : Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1

0 Response to "Membangun Web Server Nginx: Web Server Nginx Step 1"

Posting Komentar