SQL dan Tipe Data MySQL

SQL dan Tipe Data MySQL - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SQL dan Tipe Data MySQL, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

SQL dan Tipe Data MySQL

1. SQL (Structured Query Language)
Semua database menggunakan bahasa SQL. Tetapi bahasa SQL yang digunakan tidak selalu sama antara database satu dengan database lain, tergantung fitur-fitur yang didukung oleh database tersebut. Penulisan perintah dalam bahasa SQL adalah incasesensitive. Artinya, perintah ‘create database test’ sama dengan perintah ‘CREATe DaTaBaSE test’, tetapi tidak sama dengan ‘create database Test’ (nama database-nya berbeda).
2.Tipe data mysql
Setiap data pasti memiliki tipe. mysql mendukung tipe data berupa:
- bilangan bulat (int, tinyint, smallint, mediumint, bigint, decimal)
- bilangan real (float)
- karakter (varchar, char)
- teks (tinytext, mediumtext, text, longtext)
- waktu (time, date, datetime, year, timestamp)
- binary file (tinyblob, mediumblob, blob, longblob)
- dan beberapa tipe data lain.
Tipe data berguna untuk membedakan jenis data. Tipe data karakter, teks, dan waktu selalu diawali dan diakhiri dengan tanda ‘'’. Jika kebetulan datanya mengandung tanda ‘'’ juga, maka kita perlu menambah tanda escape ‘\’. Contoh:
'This is Sam's book' -> salah
'This is Sam\'s book' -> benar
Tipe data tanggal (date) memiliki format: YYYY-MM-DD. Contoh: '2003-05-02' berarti tanggal 2 bulan 5 tahun 2003. Sedang tipe data time memiliki format HH:MM:SS.
Timestamp adalah sebuah tipe data yang nilainya akan selalu berubah menjadi waktu saat terjadi query INSERT atau UPDATE.

Sekian penjelasan dari SQL dan Tipe Data pada MySQL. Walaupun singkat, mungkin lain waktu diperluas lagi artikel tentang SQL dan Tipe Data MySQL ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Baca juga




Demikianlah Artikel SQL dan Tipe Data MySQL

Sekianlah artikel SQL dan Tipe Data MySQL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : SQL dan Tipe Data MySQL
link : SQL dan Tipe Data MySQL

0 Response to "SQL dan Tipe Data MySQL"

Posting Komentar