Langkah-langkah Membuat Database

Langkah-langkah Membuat Database - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Langkah-langkah Membuat Database, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Langkah-langkah Membuat Database

Dibawah ini akan saya berikan sedikit tentang Langkah-langkah Membuat Database, jangan bosan bacanya ya, hehe...
Baik, berikut Langkah-langkah dalam merancang suatu Database:

1. Mengidentifikasi dan menetapkan seluruh entity yang terlibat dalam sistem database tersebut.
Sebagaimana telah dijelaskan pada postingan sebelumnya yang berjudul Pengertian Database, bahwa entity merupakan sesuatu yang dapat diidentifikasi dengan mudah dari suatu sistem database, bisa berupa objek, orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya akan disimpan. Dari sekian banyak kemungkinan entity yang ada, anda harus memilah-milah entity mana saja yang sesuai dan mampu mengakomodasi kebutuhan sistem yang akan dirancang. Misalnya dalam ruang lingkup perkuliahan, ada banyak entity yang mungkin, misalnya entity mahasiswa, matakuliah, dosen, asistensi, jadwal, jurusan dan lain sebagainya. Namun dalam ruang lingkup perkuliahan sederhana, anda dapat menggunakan tiga entity saja, yaitu entity mahasiswa, dosen dan matakuliah.

2. Menentukan attribute-attribute atau field dari masing-masing entity beserta kunci (key)-nya.
Menentukan attribute dari suatu entity sangat menentukan baik atau tidaknya sistem database yang dirancang, karena attribute ini sangat menentukan nantinya dalam proses relasi. Attribute merupakan ciri khas yang melekat pada suatu entity, misalnya attribute pada mahasiswa dapat berupa nobp, nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat, nama orang tua, pekerjaan orang tua dan lain-lain. Dari sekian banyak kemungkinan attribute yang ada pada entity mahasiswa, anda dapat menggunakan hanya yang perlu saja. Setelah menentukan attributenya selanjutnya adalah menentukan field kunci. Field kunci adalah penanda entity tersebut sehingga bisa digunakan untuk relasi nantinya dan field kunci ini harus bersifat unik. Misalnya pada entity mahasiswa, attribute nobp bisa dijadikan field kunci, karena bersifat unik dan tidak ada mahasiswa yang mempunyai nobp sama.

3. Menghubungkan entity yang ada.
Setelah menentukan entity dan attribute beserta field kuncinya, maka selanjutnya adalah menentukan entity yang terbentuk akibat adanya relasi antar entity. Misalnya antara entity mahasiswa dengan entity dosen, terjadi suatu hubungan proses mengajar, maka proses mengajar ini merupakan entity baru.

Sekian penjelasan kali ini tentang Langkah-langkah Membuat Database. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Baca juga




Demikianlah Artikel Langkah-langkah Membuat Database

Sekianlah artikel Langkah-langkah Membuat Database kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Langkah-langkah Membuat Database
link : Langkah-langkah Membuat Database

0 Response to "Langkah-langkah Membuat Database"

Posting Komentar