Mengenal CSS

Mengenal CSS - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal CSS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Mengenal CSS

Apa itu CSS ?
CSS merupakan salah satu bahasa style web yang sekarang sedang populer dipakai pada berbagai aplikasi web. CSS dibuat untuk style pada web lebih bervariasi. Seiring dengan pertumbuhan bahasa HTML di internet, tampilan yang ditawarkan CSS makin bervariasi dan makin memudahkan para pengembang web untuk memperindah tampilan web mereka. Salah satu pemegang peranan penting dalam teknologi yang digunakan pada web di internet adalah W3C. Pada mulanya, W3C mendapat sembilan buah proposal dari penggunaan style yang akan digunakan dalam web.
Namun, pada akhirnya hanya dua proposal yang diterima untuk digunakan dalam web sabagai bahasa style yang akan digunakan, bahasa tersebut diantaranya, Cascading HTML Style Sheets (CHSS) dan Stream-based Style Sheet Proposal (SSP). CHSS merupakan cikal bakal bahasa CSS. CHSS diajukan oleh Hakon Wium Lie pada Oktober 1994. Bert Bos bekerja pada brouser buatannya sendiri bernama Argo dan menggunakan bahasa style webnya sendiri yaitu SSP. Akhirnya Bert Bos dan Halkon Wium Lie bekerja sama untuk mengembangkan bahasa style CSS (Huruf H untuk HTML dihilangkan, karena style bahasa CSS dapat digunakan pada dokumen lain selain HTML).

Perkembangan CSS
Bahasa style CSS sendiri mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Beberapa browser juga menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Meskipun CSS 1 sudah dikeluarkan oleh W3C pada tahun 1996 dan Microsoft Internet Explorer 3 yang masih menyediakan hanya beberapa kemampuan dukungan terhadap CSS 1, namun CSS 1 tetap keluar pada tahun tersebut.
CSS tetap membutuhkan waktu tiga tahun untuk di-implementasikan secara lengkap pada web browser yang ada. Internet Explorer 5.0 yang disediakan untuk Macinthos pada tahun 2000 merupakan browser pertama yang menyediakan fitur dan dukungan terhadap CSS 1 secara lengkap. 

CSS 1
CSS pertama yang menjadi resmi dikeluarkan oleh W3C adalah CSS level 1 atau yang sering disebut CSS 1. Css 1 ini dikeluarkan pada Desember tahun 1996. Kemampuan CSS 1 diantaranya:
1. Properti font seperti typeface dan emphasis
2. Warna dari text, background dan elemen lain
3. Atribut text seperti word spacing, letter spacing dan text line
4. Peletakan (Align) dari text, gambar tabel dan elemen lain
5. Mrgin, border, padding
Saat ini W3C sudah tida melakukan pengembangan CSS 1, sebagai gantinya, W3C akan mengembangkan CSS ke tahap berikutnya yaitu CSS 2.

CSS 2
CSS level 2 (CSS 2) dikembangkan oleh W3C dan dipublikasikan sebagai rekomendasi style baru pada Mei 1998. Beberapa kemampuan baru dari CSS ditambahkan pada versi ini seperti posisi absolute, relative dan fixed, z-index, dukungan media types, bidirectional text, dan property font baru seperti shadow (bayangan).

CSS 2.1
CSS 2 revision 1 memperbaiki error yang terjadi pada CSS 2, menghilangkan dukungan dan fitur yang kurang dan menambahkan extension pada browser.

CSS 3
CSS level 3 sudah dalam pengembangan dari bulan Desember tahun 2005. CSS 3 membawa banyak fitur menarik yang dapat di-implementasikan pada halaman web.

Baca juga




Demikianlah Artikel Mengenal CSS

Sekianlah artikel Mengenal CSS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Mengenal CSS
link : Mengenal CSS

0 Response to "Mengenal CSS"

Posting Komentar