Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word

Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer, Artikel software, Artikel Tips dan Cara, Artikel Tips dan Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word

Teman-teman, kali ini aku mau share tentang betapa mudahnya langkah membuat halaman di satu file dengan nomor halaman yang berbeda. Isi postingan ini di lakukan bagi siapa saja yang sedang membuat skripsi, proposal, dll.
 
*nb: isi tulisan yang saya jadikan pembahasan yaitu “tips jogging dan manfaat nya” ini adalah copy-an dari salahsatu (kalau engak salah) wordpress orang lain. Mohon maaf jika dari salahsatu teman-teman yang kebetulan baca isi blog saya ini tersinggung yaaa. Mian ^_^

1.            Pertama buka naskah mana yang akan di edit tanpa di beri nomor halaman. Yaiyalah, baru di buka ini hehehe. Begitupun untuk halaman kedua, ketiga, dan selanjutnya.
2.            Sekarang kita mulai untuk menomor halamankan.
Kita utamakan dahulu untuk isi babnya. Disini kita mulai untuk bab 1. Maksudnya, penomoran ini dimaksudkan untuk halaman setelah halaman bab. Berarti jika bab 1 di halaman 1 maka penomoran ini akan kita gunakan untuk halaman 2,3 s/d halaman akhir bab 1). Dalam hal ini kita akan posisikan nomor halamnnya di bagian kanan atas maka pilih top of page.
Singkatnya:
Saya mengatur halaman awal bab (bab 1, bab 2, bab 3) di posisi kanan bawah
Sedangkan isi bab nya (berarti hal 2, 3, 4) di posisi kanan atas.
Caranya:
Masuk ke halaman awal -> Insert -> Page Number -> Pilih Top Of Page (untuk membuat nomor halaman di bagian atas)
Saya memilih plain number 3 (pojok kanan atas).
Seperti gambar berikut:



 
 

3.            Dan akan terlihat otomatis nomor halamannya.



 
 


4.            Sementara posisi nomor halaman 2 pun akan ikut berada di pojok kanan atas.
5.            Sekarang kita akan mengatur untuk bagian awal bab, yaitu bab 1, bab 2, bab 3, dst. Tadi kan untuk halaman 1 itu adalah untuk halaman bab 1. Di asumsikan bahwa halaman 1 adalah bab 1. Sementara kita akan mengubah posisi nomor halamannya khusus untuk halaman BAB nya. misalkan berada di bawah tengah. Maka caranya adalah:

Pilih design -> different First Page.


 












Different First Page dimaksudkan agar nomor halaman hilang untuk kita ubah posisinya tanpa mengubah posisi nomor halaman sub bab nya.

 
6.            Lalu pilih Page Number ->Bottom Of Page. -> dan pilih posisinya sesuai kebutuhan.

Maka akan terlihat seperti point 9.

Dan penomoran akan berpindah posisi menjadi di tengah. Sedangkan halaman 2 tetap pada posisinya, yaitu di pojok kanan atas. ini salahsatu fungsi different of page itu guys.

 



 



SUPAYA SETIAP HALAMAN AWAL BAB MEMPUNYAI NOMOR HALAMAN YANG POSISINYA SAMA DAN BERBEDA DENGAN POSISI HALAMAN SUB BAB NYA.
GUNAKAN FUNSI BREAK PADA INSERT.

Sekarang kita akan atur posisi nomor halaman bab 2. Dan berlaku bagi halaman awal bab 3, bab 4, dst.

Caranya:
Caranya klik bagian line kosong di halaman akhir bab 1 agar bisa di gunakan untuk penomoran di halaman BAB 2. Kalau teman-teman mah bebas saja materinya mau tetang apa.

    



 
Setelah kursor berkedip di line baru akhir bab sebelumnya, maka

Klik page layout -> Break -> Next Page.

Break ini sebagai pengganti enter. Beda nya jika enter tidak akan otomatis mengubah posisi nomor halaman selanjutnya. Maksudnya akan sama dengan posisi nomor halaman sebelumnya. Tetapi, break akan otomatis mengubah posisi halaman yang sebelumnya. Lebih jelasnya, dijelaskan pada gambar berikut:




 


Hasil dari break.




        
Selesai deh. Moga bermanfaat yaaa. Makasih sudah berkunjung di blok sederhana tapi lucu ini hehehe..

Gomawoyo ~~~

Baca juga




Demikianlah Artikel Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word

Sekianlah artikel Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word
link : Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word

0 Response to "Mengubah Posisi Nomor Halaman BAB dan Sub BAB di Word"

Posting Komentar