Lingkungan Basis Data

Lingkungan Basis Data - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lingkungan Basis Data, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Lingkungan Basis Data

Adapun cangkupan Basis Data antar lain:
1. Data Model
- Data model adalah sekumpulan konsep yang digunakan untuk menjelaskan struktur dari basis data (database structure) dan memberikan gambaran tingkat-tingkat abstraksi data (data abstraction).
- Data model  juga mencakup sekumpulan operasi (basic & user-defined) yang dapat dilakukan terhadap data yang dihimpun dalam basis data.
- Operasi dasar (basic) disediakan oleh sistem basis data: insert, delete, update, dan retrieve.
- User-defined operation dibuat oleh perancang, contoh: operasi menghitung IPK mahasiswa
- Data abstraction  adalah deskripsi mengenai struktur basis data yang mudah dimengerti oleh user, atau bisa juga mencakup detil dari penyimpanan data yang biasanya perlu diketahui oleh perancang basis data -> jadi ada tingkatan abstraksi.
- Database structure  mencakup data type (type of name is string), relationship (customer has relationship with account), dan constraint (ada batasan bahwa tidak bisa menjamin bahwa peserta MIK harus sudah mengambil KP1).

2. Tingkatan Abstraksi
- Tingkat Eksternal (View Level)
View level suatu application program, tidak akan memperlihatkan type data, juga dapat menyembunyikan informasi (misal: gaji) yang mempunyai tingkat security tertentu yang terkait dengan otoritas user.
- Tingkat Konseptual (Logical Level)
Logical level menggambarkan bagaimana suatu record disimpan dalam basis data dan menggambarkan hubungan (relationship) antar data.
- Tingkat Internal (Physical Level)
Physical level menggambarkan bagaimana suatu record disimpan secara fisik.

Baca juga: Pemakai Basis Data

3. Kategori Model Data
- High-level or Conceptual data model: konsep yang mudah dimengerti oleh end-user. Menggunakan konsep entities, attributes, dan relationships.
- Entity: representasi obyek dalam dunia nyata (misal: maha-siswa) atau obyek dalam konsep (misal: mahluk ruang angkasa).
- Attribute: representasi property yang dimiliki oleh suatu entitas, misal: alamat atau gaji seorang karyawan.
- Relationship: hubungan antara beberapa entitas, misal: hubungan antara entitas pegawai dengan entitas proyek adalah pelaksana proyek.
- Representational or Implementation data model: konsep yang dapat dimengerti oleh end user, menggambarkan organisasi data dalam komputer, tanpa detil penyimpanan dalam komputer.
- Record-based data model: merepresentasi data dalam bentuk record structure.

Baca juga




Demikianlah Artikel Lingkungan Basis Data

Sekianlah artikel Lingkungan Basis Data kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Lingkungan Basis Data
link : Lingkungan Basis Data

0 Response to "Lingkungan Basis Data"

Posting Komentar