Cara Instal Komponen Delphi

Cara Instal Komponen Delphi - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Instal Komponen Delphi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Delphi7, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Cara Instal Komponen Delphi

Cara Instal Komponen Delphi. Terkadang kita ingin menambahkan komponen-komponen delphi pihak ke-tiga, bukan karena wajib kita harus menambahkan komponen-komponen pihak ke-tiga ini, namun karna kebutuhan kita selaku pembuat program dengan delphi merasa kalo komponen-komponen bawaan delphi masih begitu standard. Maka dari itu terkadang kita merasa bosan dengan tampilan hasil program yang kita buat dengan menggunakan tool delphi beserta komponen-komponen standar/bawaan delphi tersebut. Sebagai contoh untuk memperindah atau mengubah tampilan hasil program yg dibuat dg delphi7 yaitu dg menggunakan komponen AlphaSkins, tentunya AlphaSkins ini bukan merupakan komponen bawaan delphi dan kita harus memasang sendiri komponen AlphaSkins tersebut untuk bias memakainya. Selain AlphaSkins masih banyak komponen-komponen pendukung program Delphi yg tentunya memiliki kegunaan masing-masing dan membantu bagi kita selaku programmer yg masih setia menggunakan bahasa pemrograman delphi.
Berikut ini saya akan jelaskan tutorial cara memasang/menginstal komponen pada delphi.
1. Siapkan komponen yg akan ditambah/install pada Delphi.
2. Ekstrak Here (biasanya kalo hasil download dari internet masih berupa file *.rar) / Ekstrak terserah dimana asal nantinya jangan di pindah-pindah folder hasil ekstrak tadi (saran saya taruh aja di Disk: C ).
3. Buka folder hasil ekstrak tadi dan lihat ada berapa tipe file dalam folder tersebut, secara umum ekstensi file yg sering saya jumpai adalah sebagai berikut:
- Komponen dengan Ekstensi *.DPK (Delphi Package) dan *.PAS
Contoh : Alpha Skin, DBGRIDEh, ZEOS
- Komponen dengan Ekstensi *.PAS 
Contoh : MyMD5
- Komponen dengan Ekstensi *.EXE (Installer)
Contoh : DevExpress, FastReport, SuiPack
Dari ketiga Ekstensi komponen diatas, dapat kita simpulkan bahwa komponen yang paling mudah di install tentu saja ekstensi *.exe yang sudah jadi satu paket instalasi. namun bagaimana menginstall komponen *.DPK dan *.Pas ?
4. jalankan IDE Delphi anda.
5. Pilih Menu Komponen -> Install Komponen -> Pilih Tab Into New Package
6. Pada Unit File Name, Browse Lokasi Komponen Anda (Cari File *.PAS (Blok Semua)).
7. Pada Package File Name, Browse Lokasi Komponen Anda (Cari File *.DPK)
Cara Instal Komponen Delphi
Cara Instal Komponen Delphi
8. Pilih OK (kalo muncul tanda Warning Klik Yes Aja)
9. Periksa Pallete IDE Delphi Anda (Biasanya akan muncul di Pallete terakhir).
Sekian tutorial tentang Cara Instal Komponen Delphi kali ini, kalo masih bingung bias ditanyakan lewat komentar dibawah. Semoga membantu.

Baca juga




Demikianlah Artikel Cara Instal Komponen Delphi

Sekianlah artikel Cara Instal Komponen Delphi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Cara Instal Komponen Delphi
link : Cara Instal Komponen Delphi

0 Response to "Cara Instal Komponen Delphi"

Posting Komentar