Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel

Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel

Sebelum kita belajar tentang relasi antar tabel, saya harap Anda sudah mengerti apa itu relasi antar tabel dan kegunaan relasi antar tabel tersebut dibuat atau dirancang.
Oke.., langsung aja kita lihat gambar relasi antar tabel dibawah ini

Penjelasannya sebagai berikut :
  • Tabel Grup dengan tabel Produk memiliki relasi one to many, artinya setiap grup dapat memiliki lebih dari satu produk. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Grup, dimana di dalam tabel Grup sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Produk memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Produk dengan tabel Barang memiliki relasi one to many, artinya setiap produk dapat memiliki lebih dari satu macam barang. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Produk, dimana di dalam tabel Produk sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Barang memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Penjualan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dijual lebih dari satu kali. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Pemesanan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dibeli lebih dari satu kali dari pemasok. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama(primary key) dan di dalam tabel Pemesanan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pemesanan dengan tabel Pemesanan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap transaksi Pemesanan barang dapat memiliki lebih dari satu detail transaksi Pemesanan. Field penghubung antar tabelnya adalah No_Nota_Pesan, dimana di dalam tabel Pemesanan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pembelian dengan tabel Pemsanan memiliki relasi one to one, artinya setiap transaksi pemesanan barang hanya memiliki satu transaksi pembelian. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah No_Nota_Pesan, dimana di dalam tabel Pemesanan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pembelian memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Penjualan dengan tabel Penjualan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap transaksi penjualan barang dapat memiliki lebih dari satu detail penjualan. Fieldpenghubunng antar tabelnya adalah No_Nota, dimana di dalam tabel Penjualan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pemasok dengan tabel Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap pemasok dapat memiliki lebih dari satu transaksi Pemesanan barang. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah Kode_Pemasok, dimana di dalam tabel Pemasok sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pelanggan dengan tabel Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap pelanggan dapat memiliki labih dari satu transaksi penjualan barang. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah Kode_Pelanggan, dimana di dalam tabel Pelanggan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Retur_Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dilakukan retur kepada pemasok lebih dari satu kali. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Retur_Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dilakukan retur oleh pelanggan lebih dari satu kali. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pemasok dengan tabel Retur_Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya pihak toko dapat melakukan lebih dari satu kali pengembalian (retur) barang kepada pemasok. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Pemasok, dimana di dalam tabel Pemasok sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pelanggan dengan tabel Retur_Penjualan memiliki relasi one to many, artinya pelanggan dapat melakukan lebih dari satu kali pengembalian (retur) barang kepada toko. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Pelanggan, dimana di dalam tabel Pelanggan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap pengguna dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi Pemesanan. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap pengguna dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi penjualan. Field penghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama(primary key) dan di dalam tabel Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Retur_Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap penggua dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi retur Pemesanan. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Retur_Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap pengguna dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi retur penjualan. Fieldpenghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
Sekian penjelasan dari Relasi antar Tabel diatas. Semoga bermanfaat..
Apabila ada yang mau berkomentar atau bertanya, silahkan berkomentar dibawah ini.

Baca juga




Demikianlah Artikel Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel

Sekianlah artikel Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel
link : Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel

0 Response to "Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel"

Posting Komentar