Pengertian dan Konsep Basis Data

Pengertian dan Konsep Basis Data - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Konsep Basis Data, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pengertian dan Konsep Basis Data

A. Konsep Basis Data
- Data
Data adalah epresentasi dari fakta dunia nyata yang mewakili suatu obyek/kejadian yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, atau kombinasinya.
- Informasi
Informasi adalah hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian yang nyata yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

B. Sistem Informasi
Suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendaliannya untuk menyediakan suatu dasar informasi dalam pengambilan keputusan.
- Komponen sistem informasi
Hardware, software, personil, data, prosedur


C. Basis Data
Basis Data adalah kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan lainnya yang diorganisasikan berdasar sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software digunakan untuk melakukan manipulasi  data untuk tujuan tertentu.


D. Basis Data dan Lemari Arsip
- Basis data bisa dibayangkan sebagai lemari arsip dengan berbagai cara pengaturannya 
- Basis data dan lemari arsip memiliki prinsip kerja dan tujuan yang sama; prinsipnya yakni pengaturan data/arsip. Tujuan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data/arsip.

E. Mangapa perlu basis data ?
1. Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi
2. Menentukan kualitas informasi : cepat, akurat, tepat pada waktunya dan relevan. (Informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya).
3. Mengurangi duplikasi data (data redundancy)
4. Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatebility)
5. Mengurangi pemborosan tempat penyimpanan
6. Keamanan

Baca juga




Demikianlah Artikel Pengertian dan Konsep Basis Data

Sekianlah artikel Pengertian dan Konsep Basis Data kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Pengertian dan Konsep Basis Data
link : Pengertian dan Konsep Basis Data

0 Response to "Pengertian dan Konsep Basis Data"

Posting Komentar