Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi

Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi - Hallo sahabat Zona Tiga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Delphi7, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi

Terkadang kita merasa tidak puas dengan program yang kita buat khususnya kita yg menggunakan tools program delphi / bahasa pemrograman borland delphi, walaupun cuma hal sepele tentang bagaimana agar ketika kita / user menginputkan data secara otomatis huruf pertama berubah menjadi huruf kapital.
Cara ini agar kita / user ketika menginputkan data tidak harus tekan Caps Lock ketika mengetikan huruf pertama, contohnya saat menginputkan Data Diri seperti Nama, Alamat dll.
Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana / source kode delphi agar huruf pertama bisa berubah menjadi huruf Kapital meskipun kita / user tidak menekan tombol Caps Lock pada laptop/komputer saat menginputkan data.

Berikut cara dan source kodenya :
  •  Buat function nya terlebih dahulu.
function HurufBesar(Kata:String):String;
var i:integer;
 s:string;
begin
if Kata='' then Abort;
 s:=UpperCase(Kata[1]);
 for i:=2 to Length(Kata) do
 if (Kata[i-1] in [' ',',',':',';','.']) then s:=s+UpperCase(Kata[i])
 else s:=s+LowerCase(Kata[i]);
Result:=s;
end;

Nah sedikit dari penjelasan fungsi diatas, kita buat fungsi dengan nama HurufBesar dengan parameter in Kata bertipe string, dan output berupa string juga, pada line pertama if Kata=” then Abort; maksutnya fungsi dibatalkan jika inputan kosong, untuk mencegah error, setelah itu UpperCase(Kata[1]) karakter pertama dari inputan langsung jadiikan huruf kapital, kemudian dengan array mencari karakter yg sudah di definisikan jika menemukan spasi koma titik dua dan lain-lain sperti di koding maka setelahnya akan diubah huruf kapital seperti itu proses dilakukan speanjang jumlah karakter.
untuk penggunaanya saya sudah coba pada Edit dan Memo, khusus di Memo jangan menginput dengan enter untuk berganti line karena hanya akan terbaca line pertama saja.

Sedangkan koding penggunaanya saya letakan di even onExit di setiap objectnya, seperti ini :

1.Pada Edit.text

procedure TForm1.edt1Exit(Sender: TObject);
begin
edt1.Text:=HurufBesar(edt1.Text);
end;

2. Pada Memo.text

procedure TForm1.mmo1Exit(Sender: TObject);
begin
mmo1.Text:=HurufBesar(mmo1.Text);
end;

Dari koding diatas akan meghasilkan seperti tampak pada gambar dibawah ini, pertama saat kalimat saya inputkan dalam huruf kecil semua.


nah karena koding saya letakan pada event onExit maka saat kursor meninggalkan object maka fungsi yang kita buat tadi akan tereksekusi, dan hasilnya bisa kita lihat tampak seperti pada gambar ini :

Semoga Bermanfaat.

Baca juga




Demikianlah Artikel Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi

Sekianlah artikel Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Judul : Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi
link : Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi

2 Responses to "Input Huruf Kapital Otomatis di Delphi"